Saingan Twitter Meta Bisa Dihancurkan Sejak Hari Pertama

Utas saat ini dijadwalkan untuk dirilis ke publik pada Kamis pagi, dengan Meta mengklaim bahwa aplikasi tersebut akan tersedia di lebih dari 100 negara saat diluncurkan. Namun, Meta belum memberikan daftar konkrit negara mana saja yang termasuk dalam metrik tersebut. Selain itu, pada Rabu pagi, toko aplikasi seluler di negara-negara UE seperti Irlandia, Jerman, Prancis, dan lainnya tidak menampilkan halaman untuk aplikasi Threads — berbeda dengan toko aplikasi di Amerika Serikat yang saat ini memiliki halaman pramuat.

Dalam beberapa tahun terakhir, pengawas UE lebih waspada terhadap raksasa teknologi international seperti Meta karena sangat memperhatikan privasi information. Dengan disahkannya Undang-Undang Pasar Digital, Meta adalah salah satu dari beberapa perusahaan besar yang telah ditetapkan sebagai “penjaga gerbang” semi-resmi untuk industri teknologi yang lebih luas, memberi mereka pengaruh yang lebih besar, tetapi juga memaksa mereka untuk tunduk pada peraturan yang lebih ketat dan pemeriksaan anti-monopoli.

Salah satu masalah yang paling relevan untuk Threads sehubungan dengan DMA adalah undang-undang yang melarang perusahaan penjaga gerbang menggunakan information pengguna yang ada di berbagai platform. Karena Threads dimaksudkan untuk menjadi aplikasi pendamping Instagram, memanfaatkan profil yang sudah ada yang sebelumnya dibuat oleh penggunanya, peraturan ini dapat secara efektif membatasi aplikasi di seluruh pasar UE.

Tidak diketahui kapan Threads akan diluncurkan di UE.


Posted

in

,

by