Meta Mengatakan Utas Akan Menjadi Bagian Dari Fediverse: Inilah Artinya

Di jantung fediverse adalah protokol. Meta mengatakan Threads mendukung protokol “ActivityPub” sehingga dapat berasimilasi dengan fediverse. ActivityPub dikembangkan oleh World Extensive Net Consortium (W3C), dan memungkinkan pembuatan sistem federal yang pada dasarnya melayani formulation yang sama dengan platform jejaring sosial, tetapi dengan lebih banyak kebebasan dan tanpa batasan sentralisasi.

Sistem yang dibangun di atas fondasi ActivityPub secara kolektif membentuk fediverse. Saat ini, Threads ada sebagai platform media sosial seperti Instagram atau Fb. Tapi di fediverse, itu akan ada seperti server, di antara ratusan server lainnya.

Meskipun server ini memiliki aturan dan kebijakan uniknya sendiri, masing-masing akan dapat berkomunikasi satu sama lain — tanpa taman bertembok. Anda dapat memiliki akun di Threads, tetapi tetap dapat memposting dan berinteraksi dengan konten di server lain seperti Mastodon. Pada dasarnya, Anda dapat membayangkan fediverse sebagai jaringan sudut sosial on-line yang saling terhubung.

Contoh terdekat dari ekosistem semacam itu adalah electronic mail. Tidak masalah jika Anda memiliki akun Gmail, atau apakah Anda menggunakan Outlook, Anda tetap dapat mengirim dan menerima pesan dari akun Yahoo. Itu semua terjadi dengan protokol yang dapat dioperasikan, seperti halnya ActivityPub, yang menghubungkan server fediverse. Saat ini, Threads bukan bagian dari fediverse, tetapi akan segera. Ketika itu terjadi, Threads dan Mastodon secara teknis akan dapat dioperasikan.


Posted

in

by