Kisah di Balik Gaun Ikonik ‘Selamat Ulang Tahun JFK’ Marilyn Monroe

Gaun itu menarik perhatian, tentu saja, terutama untuk acara tersebut. Marilyn Monroe menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk Presiden JFK pada penggalangan dana untuknya dan Komite Nasional Demokrat. Pada tahun 1962, Monroe baru saja membuat movie yang gagal, perceraian, dan operasi yang diikuti dengan tugas di rumah sakit jiwa. Pertunjukan itu sama pentingnya bagi kehidupan profesional Monroe seperti halnya hak prerogatif JFK dan DNC.

Monroe memesan gaun khusus dari perancang busana Prancis Jean Louis untuk acara tersebut. Perancangnya tidak diketahui, sebelumnya merancang pakaian untuk ikon tersebut dan menerima Academy Award untuk Desain Kostum Terbaik. Louis menggali sketsa oleh Bob Mackie, desainer lain yang lebih mahal dan luar biasa, yang dibuat ketika dia berusia 21 tahun dan baru di perusahaan. Kabarnya, Monroe membayar sekitar $1.440 (sekitar $14.500 pada tahun 2023) untuk gaun tersebut dan merahasiakannya sampai saat-saat terakhir, melepaskan mantel bulunya saat dia tiba di atas panggung.

Gaun itu benar-benar tanpa cacat, sedemikian rupa sehingga beberapa penonton meragukan Monroe mengenakan apa pun kecuali kulit dan manik-manik. Upaya dan biaya semua orang sangat berharga, memperkuat penampilan dan gaun dalam sejarah dan menjadikannya salah satu karya paling berharga dalam sejarah budaya pop. Belum lagi membuat semua orang berbicara.


Posted

in

by