Cara Membersihkan Speaker iPhone Anda (Dan Mengapa Anda Perlu)

Hal tentang iPhone adalah, karena berukuran saku dan agak penting bagi kebanyakan orang sehari-hari, kita cenderung membawanya di dalam saku, tas, atau ransel. Ini sendiri bukan masalah besar, terutama jika Anda memiliki pelindung layar dan casing di atasnya, tetapi ini dapat dan akan menyebabkan masalah yang berbeda: Speaker kotor.

Lubang kecil berukuran pin di sepanjang tepi luar ponsel Anda (dan celah yang lebih jelas di bagian atas tempat Anda meletakkan telinga) tidak hanya untuk pertunjukan – itu untuk speaker dan mikrofon. Dan mereka dapat membangun segala macam kotoran dari waktu ke waktu. Serat, bulu halus, kotoran, residu berminyak, partikel kulit, rambut, kotoran telinga, dan sebagainya. Penumpukan seperti itu tidak hanya menjijikkan, tetapi juga dapat memengaruhi kualitas suara yang keluar dari iPhone Anda. Ini juga berpotensi memengaruhi kualitas suara Anda sendiri saat menelepon, jika mikrofon juga tertahan oleh kotoran. Inilah sebabnya mengapa Anda ingin mencoba membersihkan bukaan speaker Anda jika Anda mulai menyadari bahwa suara Anda kurang tepat.

Seperti halnya elektronik fashionable (atau elektronik lama, dalam hal ini), penting untuk berhati-hati saat membersihkan. Jangan gunakan terlalu banyak cairan, hindari menerapkan terlalu banyak tekanan pada permukaan, dan jangan gunakan alat logam tajam apa pun kecuali disarankan secara eksplisit.

Cobalah udara

Jika speaker Anda rusak hingga audio tidak berfungsi, kemungkinan besar Anda harus membersihkannya secara lebih menyeluruh menggunakan metode yang sedikit lebih terlibat. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan udara terlebih dahulu untuk melihat apakah Anda dapat dengan mudah meniup partikel yang mengganggu.

  1. Sebaiknya Anda tidak menggunakan sekaleng udara terkompresi untuk proses ini, karena terkadang dapat mengeluarkan uap air yang dapat merusak elektronik. Demikian pula, sebaiknya hindari meniup ponsel dengan mulut Anda (karena kelembapan air liur).
  2. Alih-alih, dapatkan peniup udara silikon atau bohlam peniup, yang cukup mudah ditemukan secara on-line dan mungkin di beberapa toko elektronik atau kamera.
  3. Pegang ujung peniup satu atau dua inci dari speaker dan tekan dua atau tiga kali dengan cepat.
  4. Periksa speaker iPhone Anda untuk melihat apakah puing-puing telah terlepas, dan jika tidak, gunakan peniup lagi seperlunya.
  5. Jika partikel tidak mau keluar, coba lagi sambil mendekatkan peniup ke lubang speaker.

Jika meniupkan udara ke speaker tidak berfungsi, atau bekerja dengan cukup baik, saatnya beralih ke metode yang direkomendasikan Apple.

Gunakan kuas

Apple menyarankan untuk menggunakan sikat dengan bulu lembut jika Anda akan mencoba membersihkan speaker iPhone secara fisik. Ini bisa termasuk sikat pembersih berbulu lembut, sikat gigi berbulu lembut, atau bahkan kuas cat atau rias kecil.

  1. Jika ada kasing terpasang ke iPhone Anda, lepaskan untuk memudahkan akses ke bukaan speaker.
  2. Pastikan kuas bersih dan kering — jika tidak, goyangkan, mungkin bilas, lalu tunggu sampai benar-benar kering sebelum memulai.
  3. Untuk penerima (speaker yang Anda pasang di telinga), pegang sikat pada sudutnya dan gerakkan perlahan dari satu sisi ke sisi lain. Berhati-hatilah agar tidak menyikat dengan cara yang mendorong partikel lebih dalam ke speaker.
  4. Ketuk sikat dengan lembut pada permukaan padat untuk menghilangkan partikel yang mungkin Anda ambil, lalu sapukan lagi di sepanjang penerima. Ulangi seperlunya.
  5. Untuk bukaan lainnya (di sepanjang bagian bawah iPhone), tempelkan bulu kuas dengan lembut ke dalam lubang kecil dan putar ke kiri dan ke kanan secara perlahan.
  6. Tarik sikat dengan hati-hati untuk menghilangkan kotoran, ketuk pada permukaan padat untuk mengeluarkan apa yang telah Anda keluarkan, lalu ulangi sesuai kebutuhan.

Sikat lembut kemungkinan merupakan pilihan Anda yang paling efektif (dan teraman) untuk membersihkan speaker iPhone Anda, tetapi jika Anda tidak memiliki akses ke sikat, ada alat lain yang dapat Anda gunakan dengan risiko minimal.

Menggunakan pita

Jangan mencoba untuk membersihkan barang elektronik Anda yang halus dengan selotip yang Anda temukan tergeletak di sekitar, karena banyak jenis dapat meninggalkan residu – yang keduanya akan menambah lebih banyak detritus pada bukaan speaker Anda dan berpotensi mengumpulkan lebih banyak karena lengketnya. Yang ingin Anda gunakan untuk pendekatan ini adalah selotip khusus pelukis, karena selotip ini dirancang untuk mengelupas permukaan tanpa meninggalkan apa pun.

  1. Jika Anda memiliki kasing di iPhone, lepaskan untuk memudahkan akses ke bukaan speaker.
  2. Tarik selembar selotip kecil dan lilitkan di sekitar ujung jari dengan sisi yang lengket menghadap ke luar.
  3. Perlahan dan hati-hati gulung ujung jari Anda yang ditempelkan bolak-balik di sepanjang bukaan penerima.
  4. Untuk membersihkan lubang yang lebih kecil di sepanjang bagian bawah ponsel Anda, cabut selotip baru dan gulung menjadi satu titik.
  5. Tempelkan ujung pita ke lubang speaker dan putar perlahan. Pastikan untuk menggunakan selotip baru setelah selotip yang Anda gunakan mulai terkelupas.

Namun, ada satu alat lagi yang dapat Anda gunakan untuk mencoba dan membersihkan pengeras suara jika tidak ada alat lain yang berfungsi. Tangkapannya adalah, meskipun mungkin paling efektif untuk menghilangkan noda dari ruang kecil, ini juga memiliki potensi terbesar untuk merusak iPhone Anda jika Anda tidak melakukannya.

Coba tusuk gigi

Sangat disarankan agar Anda mencoba salah satu (atau semua) metode sebelumnya sebelum mencoba membersihkan speaker iPhone Anda dengan tusuk gigi. Ini pada dasarnya adalah paku kayu kecil yang akan Anda masukkan ke dalam barang elektronik bernilai ratusan dolar, jadi jika Anda mencobanya, pastikan Anda sangat berhati-hati dan menggunakan sentuhan yang sangat ringan.

  1. Masukkan ujung tusuk gigi yang runcing ke dalam bukaan speaker dengan sangat hati-hati, pastikan untuk berhenti mendorong begitu Anda merasakannya menyentuh permukaan.
  2. Miringkan tusuk gigi dengan lembut dan tarik ke atas (keluar dari bukaan) untuk mengarahkan bahan yang tidak diinginkan keluar dari bukaan speaker.
  3. Gunakan serbet atau handuk kertas untuk menyeka kotoran dari ujung tusuk gigi sebelum mengulangi prosesnya.
  4. Pendekatan yang sama berfungsi untuk lubang speaker yang lebih kecil di sepanjang bagian bawah iPhone, meskipun Anda harus lebih berhati-hati karena ukurannya akan membuat Anda lebih sulit untuk melihat apa yang Anda lakukan.

Pada titik ini jika Anda telah mencoba segalanya dan Anda masih tidak dapat menghilangkan penyumbatan dari speaker iPhone Anda, mungkin sudah waktunya untuk membawanya ke pembersihan profesional.


Posted

in

by