Bencana Kursk: Ledakan Torpedo yang Mengerikan di Kapal Selam Nuklir

Meskipun tabrakan dengan pasukan NATO disalahkan atas tenggelamnya seorang jenderal, pada akhirnya terbukti bahwa peralatan yang rusak menentukan nasib Kursk. Menurut Guardian, torpedo yang rusak adalah penyebabnya. Investigasi menemukan bahwa Kursk kemungkinan dilengkapi dengan torpedo yang mengandung zat yang disebut HTP — yang pada dasarnya menciptakan ledakan hidrogen peroksida.

“Dorongan awal yang memicu ledakan torpedo adalah hasil dari proses peristiwa yang tidak biasa di dalam cadangan agen pengoksidasi torpedo,” kata Jaksa Agung Rusia Vladimir Ustinov kepada wartawan.

Aktivitas seismik dari ledakan itu ditangkap oleh Intelijen Amerika dan Norwegia, New York Instances melaporkan.

Menurut Navy Instances, 95 pelaut tewas seketika saat lambung Kursk pecah dan terendam banjir. 23 pelaut lainnya lolos dari ledakan dan bertahan di bagian kapal yang tidak terkena banjir, tetapi itu pun tidak cukup karena mereka akhirnya mati lemas ketika Angkatan Laut Rusia tidak dapat mengirimkan pasukan penyelamat ke lokasi tepat waktu. Pelampung penanda darurat tidak dikerahkan. Tidak sampai seminggu kemudian penyelam Norwegia dapat membuka kapal selam yang rusak dan masuk ke dalam. Saat itu, semua 118 anggota awak telah kehilangan nyawa.


Posted

in

by