Bagaimana Pelari Jalan Legendaris Plymouth Mendapatkan Namanya

Rancangan Street Runner dimaksudkan sebagai mobil otot yang terjangkau untuk memikat para hot-rodders muda pada zaman itu. Konsepnya mirip dengan Plymouth GTX tetapi dengan inside yang lebih ramping dan kemampuan penyesuaian yang lebih baik. Namun, Chrysler khawatir konsep ini saja tidak akan cukup menarik bagi kaum muda.

Idenya datang dari saran para developer yang selama ini menonton kartun Looney Tunes. Siapa anggota pemeran Looney Tunes tercepat dan paling tidak tersentuh? Tidak lain adalah Street Runner, musuh bebuyutan Wile E. Coyote. Seperti kembang api, para kru segera memutuskan menamai mobil baru mereka Street Runner.

Tentu saja, bernegosiasi dengan Warner Bros. untuk kemiripan karakter merupakan sebuah tantangan, tetapi ketika Chrysler mencatat bahwa ia bisa saja menyebutnya “Roadrunner”, yaitu burung kehidupan nyata, Warner menyadari bahwa ia membelakangi dinding dan menandatangani seharga $50 ribu. Mobil itu dihiasi dengan citra Street Runner, termasuk penutup pembersih udara khusus, stiker opsional di kotak sarung tangan, dan, yang paling keren, klakson khusus yang dimaksudkan untuk meniru tanda tangan karakter “meep meep!”

Mobil itu tidak hanya menarik bagi orang dewasa muda, tetapi bahkan anak-anak pun akan meminta orang tua mereka untuk membelinya. Bahkan jika mereka tidak membeli Street Runner, orang tua mungkin masih bersedia untuk melihat mobil Plymouth lainnya dengan sedikit psikologi pemasaran yang cerdik.

[sv1ambo, CC BY 2.0, via Wikimedia Commons, cropped and scaled.]


Posted

in

by