Alasan Mengapa Kapal Induk Inggris Memiliki Dua Pulau

Pada akhirnya, Inggris mengembangkan pendekatan yang sederhana namun cerdik: dua pulau terpisah dengan sistem pembuangan dan asupan udara yang independen. Dua pulau yang lebih kecil memiliki beberapa keunggulan dibanding satu pulau besar, termasuk berkurangnya turbulensi angin.

Kedua pulau memiliki tapak gabungan yang lebih kecil daripada satu pulau besar, membebaskan ruang di dek penerbangan dan memungkinkan setiap unit dibangun sepenuhnya di luar lokasi. Akhirnya, sistem radar yang kuat dapat dipasang ke setiap pulau, mengurangi gangguan yang akan muncul jika radar dipasang lebih dekat di ruang bersama.

Jika ada kekurangan pada desain ini, navigasi biasanya ditangani dari pulau depan, dan pengoperasian pesawat ditangani dari pulau belakang. Karena upaya bersama antara keduanya sering diperlukan selama misi, komunikasi yang sebelumnya dilakukan secara langsung sekarang dilakukan dengan sangat bergantung pada interkom. Beberapa penggemar kapal induk berpendapat bahwa kedua pulau mengurangi ketampanan kapal induk, tetapi itu mungkin hanya masalah membiasakan diri.

Sampai saat ini, dua operator kelas Queen Elizabeth menggunakan pendekatan inovatif ini. Kapal utama HMS Queen Elizabeth dan kemudian HMS Prince of Wales, ditugaskan masing-masing pada tahun 2017 dan 2019. Selain pulau ganda, fasilitas kru lainnya termasuk bioskop, lima health club untuk berolahraga, dan empat dapur dengan 27 staf.


Posted

in

by