Truk Mini Klasik yang Kami Inginkan Mazda Akan Dibawa Kembali

Setelah percobaan mesin rotari, truk seri-B Mazda terus bekerja keras di bawah bayang-bayang saudara Ford Courier-nya. Kedua truk mengalami desain ulang besar-besaran pada tahun 1977 dengan gaya yang lebih kotak dan segar. Pada tahun 1980, mesin empat silinder seri-B — yang terus berkembang selama bertahun-tahun — akhirnya mencapai ukuran 2,0 liter. Sesuai, truk itu sekarang dikenal sebagai B2000.

Meskipun ukuran B2000 kecil, tempat tidur kargo sepanjang enam kaki adalah standar, dengan tempat tidur tujuh kaki opsional. Kemampuan pengangkutan truk mini ini luar biasa jika dilihat melalui lensa pikap kabin kru yang sangat besar saat ini dengan kotak kargo kecil sepanjang lima kaki.

Untuk mannequin tahun 1983, Ford merilis truk pikap kompak rancangannya sendiri yang disebut Ranger, sehingga tidak lagi mengandalkan rebadge Mazdas. Mazda mengambil kesempatan itu untuk melebarkan sayap kreatifnya dan memperkenalkan B2000 yang didesain ulang secara radikal untuk mannequin tahun 1986.

Dikatakan bahwa Mazda menghabiskan lebih dari $100 juta untuk mengembangkan pikap seri-B generasi ketiga agar sukses di pasar AS. Meskipun mungkin tidak dianggap sebaik Toyota HiLux (disebut Toyota Pickup di AS), itu adalah lompatan besar bagi merek tersebut dibandingkan mannequin yang keluar.

Seperti Toyota, Seri-B tahun 1986 ke atas tersedia dalam versi kabin tambahan opsional yang disebut “Cab Plus”, dengan kursi lompat kecil yang dipasang di belakang kursi depan. Beberapa tahun kemudian, sistem penggerak empat roda paruh waktu menjadi opsional.

[Featured image by Rex Gray from Southern California via Wikimedia Commons | Cropped and scaled | CC BY 2.0]


Posted

in

by