Mobil F1 Termahal Yang Pernah Terjual, Peringkatnya

Dan akhirnya… bukan Ferrari, McLaren, Williams, atau Mercedes yang dikemudikan oleh Lewis Hamilton. Alih-alih kandidat tersebut, gelar mobil System Satu termahal yang pernah dijual jatuh ke tangan Mercedes-Benz W196R dari tahun 1954.

Didorong oleh Juan Manuel Fangio, Bonhams melelang single-seater di Goodwood Pageant of Pace ​​2013, dan palu jatuh pada $29.650.000, hanya di bawah $39 juta hari ini. Saat itu, harga tersebut juga menjadikannya sebagai mobil termahal yang pernah terjual di lelang, hampir dua kali lipat dari rekor sebelumnya.

Didukung oleh mesin 2.5 liter, delapan silinder lurus, mobil tersebut membawa Fangio meraih gelar kedua dari lima gelar Kejuaraan Dunianya. Nomor sasis 00006/54, Fangio juga menggunakannya untuk memenangkan balapan Grand Prix Jerman dan Swiss tahun 1954.

Mobil itu diberikan oleh Mercedes ke Museum Motor Nasional Inggris di Beaulieu pada tahun 1973, tulis rumah lelang Bonhams. Dengan izin Mercedes, museum tersebut kemudian menjual mobil tersebut pada tahun 1987 kepada Sir Anthony Bamford, ketua perusahaan ekskavator JCB dan kolektor mobil terkenal. Itu kemudian disahkan di antara beberapa kolektor Eropa sebelum menetapkan rekor lelang F1 di Goodwood pada 2013.


Posted

in

by