Cara Mengunci Sel Di Microsoft Excel Dan Google Sheets

Microsoft Excel dan Google Sheets adalah program yang memungkinkan pengguna mengatur dan memahami banyak information. Informasi ini dapat diurutkan ke dalam kolom dan baris yang rapi dan terkoordinasi dengan warna (menggunakan beberapa pintasan yang nyaman juga) dan, yang terpenting, sel-sel ini dapat disesuaikan oleh banyak pengguna yang memiliki akses ke spreadsheet yang sama.

Namun, proyek kolaboratif, yang sangat membantu dalam berbagi beban kerja, juga menghadirkan risiko tertentu. Kecelakaan memang bisa terjadi, tetapi ada cara untuk memastikan bahwa selama proyek atau setelah spreadsheet information selesai, tidak ada penyesuaian lebih lanjut yang dapat dilakukan: mengunci sel. Dalam beberapa kasus, slip sekecil apa pun dengan pengaturan atau angka yang salah dimasukkan dapat membatalkan keseluruhan proyek, dan sangat penting untuk mencoba dan mencegah kemungkinan ini sedapat mungkin.

Meskipun buku kerja Excel lengkap dapat dienkripsi dengan kata sandi, kapasitas untuk mengunci sel atau elemen tertentu dari sebuah lembar, tetapi bukan bagian penuh, memungkinkan kustomisasi dan kontrol proyek secara maksimal. Berikut cara melakukannya, di Microsoft Excel dan Google Sheets.

Mengunci sel di Microsoft Excel

Di Microsoft Excel, setiap sel dikunci secara otomatis. Dalam mengaktifkan perlindungan spreadsheet, seringkali akan lebih cepat untuk membuka kunci semuanya dan kemudian mengaktifkan kembali kunci pada sel yang dipilih. Kedengarannya rumit, tetapi prosesnya cukup sederhana:

  1. Klik kanan tanda panah di pojok paling kiri spreadsheet, setelah kolom pertama dan baris pertama bertemu, lalu pilih Format Cells.

  2. Di bawah tab Proteksi, Excel akan menjelaskan cara kerjanya dengan pemberitahuan “Mengunci sel atau menyembunyikan method tidak berpengaruh sampai Anda memproteksi lembar kerja.” Untuk papan tulis kosong untuk melakukannya, klik tombol Kunci. Semua sel sekarang tidak terkunci.

  3. Klik sel tertentu yang ingin Anda kunci. Jika ada beberapa, tahan tombol kontrol dan pilih berikutnya, hingga semuanya disorot. Jika banyak, memilih seluruh kolom atau baris bisa lebih cepat.

  4. Klik kanan salah satu sel tersebut, pilih Format Sel lagi, dan alihkan kembali fungsi Kunci dari tab Proteksi.

  5. Buka tab Tinjau, lalu pilih Lindungi Lembar.

  6. Masukkan kata sandi yang akan digunakan untuk menghapus perlindungan, jika perlu.

  7. Centang atau hapus centang pada fungsi yang Anda inginkan agar dapat digunakan/tidak digunakan oleh pengguna lain (Pilih Sel Terkunci dan Pilih Sel Tidak Terkunci diaktifkan sebagai default) dan konfirmasi.

Pengguna sekarang dapat dengan bebas mengedit sel yang tidak terkunci, tetapi tidak memilih sel yang terkunci. Untuk menghapus proteksi ini, klik Unprotect Sheet dari tab Evaluation dan masukkan password.

Mengunci sel di Google Sheets

Pengguna Google Sheets dapat melindungi sel-sel tertentu dari spreadsheet dengan cara yang sangat mirip. Untuk melakukannya, berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:

  1. Pilih sel yang ingin Anda kunci, pastikan masing-masing sel disorot.

  2. Buka Tab Knowledge.

  3. Tombol Shield Sheets And Ranges akan membuat rentang sel yang terlindungi.

  4. Di kotak Enter A Description, tambahkan catatan yang akan mengingatkan Anda mengapa rentang khusus ini dipilih dan alasannya.

  5. Memilih Change Permissions akan membuka menu Vary Enhancing Permissions.

  6. Dropdown di bawah Batasi Siapa yang Dapat Mengedit Rentang Ini memungkinkan Anda untuk mengubah pengaturan dari Solely You menjadi Customized.

  7. Jika memilih Kustom, Anda kemudian dapat memasukkan alamat e mail atau nama kontak yang ingin Anda teruskan untuk dapat mengedit sel tersebut.

  8. Untuk menghapus rentang yang dilindungi ini, gunakan tombol Hapus Rentang Atau Perlindungan Lembar (ikon tempat sampah di sebelah Deskripsi yang Anda tambahkan).

Anda dapat mengulangi proses ini dengan rentang yang berbeda untuk memberikan perlindungan yang rumit untuk spreadsheet, yang memungkinkan pengguna tertentu mengakses bagian tertentu dan bukan yang lain sesuai kebutuhan. Penting juga untuk diperhatikan bahwa pembuat asli lembar tersebut juga akan disertakan dalam pengaturan izin Hanya Anda, jika itu bukan Anda sendiri.


Posted

in

by