Cara Melindungi File Excel Dengan Kata Sandi

Microsoft Excel telah menjadi salah satu aplikasi spreadsheet masuk selama beberapa dekade, dan telah mengembangkan serangkaian trik sepanjang masa pakainya, tidak hanya untuk membuat entri knowledge, pengeditan, dan pengaturan lebih mudah (meskipun demikian juga) tetapi untuk memberi pengguna lebih banyak cara untuk lebih melindungi informasi yang mereka buat di spreadsheet. Ini termasuk menambahkan perlindungan kata sandi ke file Excel Anda.

Apakah Anda sedang bekerja dengan knowledge yang sangat sensitif atau istimewa, mencoba menjaga element kontak dari tangan yang salah, atau hanya tidak ingin orang lain dapat mengakses spreadsheet Anda tanpa izin tertulis dari Anda, menyiapkan kata sandi untuk pekerjaan Anda adalah angin relatif.

Satu-satunya peringatan adalah Anda sendirian jika kehilangan atau lupa kata sandi. Excel tidak memiliki kapasitas untuk mengambil informasi kata sandi, dan tidak ada opsi “lupa kata sandi” bagi Anda untuk mencoba dan menggantinya dengan yang baru. Jadi jika Anda memutuskan untuk melindungi salah satu file Excel Anda dengan satu, pastikan itu adalah sesuatu yang tidak akan Anda lupakan atau temukan cara lain untuk melacaknya. Setelah kata sandi dibuat, Anda harus memasukkannya setiap kali Anda membuka file yang dilindungi.

Kata sandi melindungi dokumen Excel

Ketika Anda memilih untuk menambahkan perlindungan kata sandi ke dokumen Excel, tidak banyak perbedaan — Anda dapat membuat yang baru dan segera mengatur kata sandi atau mengunjungi kembali dokumen yang sudah ada untuk menambahkan perlindungan dengan baik setelah pembuatannya. Proses ini sama untuk Home windows dan macOS.

  1. Dengan file Excel terbuka pilih File di sudut kiri atas layar, diikuti oleh Data.
  2. Pilih Lindungi Buku Kerja, lalu pilih Enkripsikan dengan Kata Sandi.
  3. Masukkan kata sandi yang ingin digunakan, lalu pilih OK.
  4. Masukkan kembali kata sandi untuk mengonfirmasi dan pilih OK.
  5. Alternatifnya, pilih tab Tinjau di sepanjang bagian atas dokumen, lalu pilih Lindungi Buku Kerja (untuk melindungi semua lembar kerja di buku kerja Anda saat ini) atau Lindungi Lembar (untuk melindungi hanya satu lembar).
  6. Ketik kata sandi yang ingin Anda gunakan dan pilih OK, lalu masukkan kembali kata sandi saat diminta dan pilih OK lagi untuk mengonfirmasi.

Anda akan mengetahui bahwa lembar kerja (atau buku kerja) Anda diproteksi jika ikon Lindungi Lembar (atau Lindungi Buku Kerja) di tab Assessment disorot.

Menghapus proteksi kata sandi dari dokumen Excel

Jika Anda memutuskan tidak perlu lagi melindungi spreadsheet Excel Anda dengan kata sandi, Anda dapat menghapusnya, meskipun Anda harus memasukkan kembali kata sandi yang telah Anda tetapkan terlebih dahulu, jadi pastikan Anda tidak kehilangan atau melupakannya. sebelum menghapus pembatasan.

  1. Buka dokumen yang proteksi kata sandinya ingin Anda hapus (Anda harus memasukkan kata sandi untuk melakukannya).
  2. Pilih tab Tinjau di bagian atas halaman.
  3. Untuk spreadsheet particular person, pilih Defend Sheet diikuti dengan Unprotect Sheet untuk menghapus perlindungan kata sandi.
  4. Untuk buku kerja yang terdiri dari beberapa spreadsheet, pilih Defend Workbook diikuti dengan Unprotect Workbook.
  5. Masukkan kata sandi Buku Kerja lagi saat diminta dan pilih OK untuk menghapus proteksi.

Ingatlah bahwa, dengan dihapusnya proteksi kata sandi, siapa pun yang memiliki akses ke file Excel Anda dapat membuka, melihat, dan mengeditnya. Jika Anda memutuskan kata sandi tidak diperlukan lagi, kemungkinan ini bukan masalah.


Posted

in

by