Semua Element Tersembunyi ‘Kereta Hantu’ Vladimir Putin

Menurut laporan, salah satu alasan utama yang diambil Putin untuk menggunakan kereta ini untuk berkeliling Rusia lebih sering akhir-akhir ini adalah karena jauh lebih sulit untuk dilacak daripada bentuk transportasi lainnya. Sementara para pemimpin dunia dan pejabat penting lainnya sering menggunakan pesawat terbang untuk berkeliling, hal ini secara tidak sengaja dapat membuat mereka sangat terlihat. Lagi pula, sulit menyembunyikan jet besar yang membutuhkan banyak persiapan dan membutuhkan bandara untuk lepas landas dan mendarat.

Ada juga fakta tambahan bahwa pesawat mudah dilacak secara elektronik. Situs internet dan aplikasi yang tersedia dengan mudah memungkinkan pengguna untuk memetakan hampir setiap pesawat sipil di dunia melalui transponder dan radar. Kereta, di sisi lain, umumnya tidak memiliki pelacakan semacam ini karena mereka tidak memerlukan transponder untuk alasan keamanan yang sama seperti pesawat terbang. Seperti yang dijelaskan oleh mantan kapten Layanan Keamanan Federal Rusia (FSO) Gleb Karakulov kepada CNN, “Kereta, digunakan untuk menyembunyikan gerakan ini.”

Untuk menambah kerahasiaan, kereta Putin juga tidak memiliki nomor pengenal seperti kereta standar di Rusia dan juga tidak muncul di jadwal, artinya tidak diumumkan di stasiun mana pun yang dilaluinya. Semua ini membuat sulit untuk mengetahui dengan pasti di mana letak lokomotif tanpa melihatnya secara langsung dan memastikan Putin dapat melakukan perjalanan secara relatif rahasia. Ada juga anggapan bahwa Putin takut jet kepresidenannya bisa ditembak jatuh, membuat kereta lebih aman untuknya.


Posted

in

by