Cara Mengunduh Dan Menggunakan Plugin ChatGPT

Sejak diluncurkan pada akhir 2022, ChatGPT sangat populer, dan itu untuk alasan yang bagus. Anda dapat menggunakan chatbot OpenAI dengan banyak cara imajinatif, mulai dari tugas sederhana menulis e mail ucapan selamat hingga pembuatan kode Python yang lebih kompleks untuk mengontrol dan mengambil information dari robotic seluler. Namun, meskipun banyak kegunaan ChatGPT yang berbeda, itu masih belum cukup kuat untuk menyediakan semua yang Anda butuhkan. Di situlah plugin ChatGPT muncul.

Dikembangkan oleh pihak ketiga, plugin adalah alat yang dapat diunduh yang menambahkan fungsionalitas baru ke ChatGPT. Ini tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna tetapi juga memperluas kasus penggunaan chatbot populer. Sudah ada ratusan plugin ChatGPT yang tersedia di platform ini, seperti Instacart, Expedia, dan OpenTable. Jika Anda ingin meningkatkan percakapan Anda dengan ChatGPT, berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara mengunduh dan menggunakan plugin ChatGPT.

Cara mengunduh Plugin ChatGPT

Untuk mengunduh dan menggunakan plugin ChatGPT, pertama-tama Anda harus memutakhirkan akun Anda ke ChatGPT Plus. Jika Anda sudah menjadi pengguna Plus, ikuti langkah berikut untuk mulai mengunduh plugin:

  1. Buka Pengaturan dengan mengeklik tiga titik horizontal di samping profil Anda di pojok kiri bawah layar dan memilih Pengaturan.
  2. Buka fitur Beta.
  3. Nyalakan Plugin untuk mengaktifkan penyimpanan plugin.
  4. Kembali ke beranda dan pilih Obrolan baru.
  5. Pilih GPT-4 dari opsi di atas.
  6. Pilih Plugin.
  7. Klik “Tidak ada plugin yang diaktifkan.”
  8. Buka toko Plugin.
  9. Klik OK pada popup “Tentang plugin”.
  10. Temukan plugin yang ingin Anda gunakan. Ketik nama plugin di kotak pencarian atau gulir secara guide melalui tab Populer, Baru, dan Semua. Jika Anda tidak yakin plugin ChatGPT apa yang ingin Anda unduh, berikut adalah beberapa yang harus dicoba:
    1. ObrolanDenganPDF: Memungkinkan Anda berbicara dengan PDF untuk mendapatkan jawaban instan tanpa harus membaca seluruh dokumen.
    2. Daftar putar AI: Menghasilkan daftar putar Spotify berdasarkan spesifikasi permintaan Anda.
    3. Membuat Lembar: Membuat file CSV yang dapat diunduh yang dapat Anda impor ke Microsoft Excel atau Google Sheets.
    4. Kursus: Memberi Anda daftar rekomendasi kursus dengan tautan ke kursus khusus di Coursera.
    5. Pemilih Hadiah Amazon: Memberi Anda daftar saran hadiah dengan tautan Amazon.
    6. website positioning: Menawarkan analisis website positioning berdasarkan URL dan kata kunci.
  11. Setelah Anda menemukan plugin pilihan Anda, klik Instal untuk mengunduhnya.

Cara menggunakan Plugin ChatGPT

Sebelum Anda dapat menggunakan plugin, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Inilah cara melakukannya:

  1. Setelah mengunduh plugin pilihan Anda, klik ikon plugin di bagian atas halaman Obrolan Baru untuk membuka daftar plugin Anda.
  2. Tandai kotak centang di sebelah plugin yang ingin Anda gunakan dalam percakapan Anda. Anda hanya dapat mengaktifkan tiga sekaligus.
  3. Setelah selesai, plugin Anda sekarang siap digunakan.

Plugin ChatGPT menawarkan fungsionalitas yang berbeda, sehingga penggunaannya juga berbeda. Beberapa plugin cukup intuitif dan tidak memerlukan tutorial. Ambil Coursera, misalnya. Untuk plugin khusus ini, Anda hanya perlu mengirimkan perintah seperti “Beri saya rekomendasi kursus ramah pemula untuk Canva”, dan ChatGPT akan secara otomatis menggunakan plugin Coursera untuk memberi Anda daftar saran kursus.

Namun, plugin lain memerlukan enter tambahan selain immediate itu sendiri. Misalnya, plugin ChatWithPDF memerlukan tautan ke file PDF yang dapat diakses publik dan plugin website positioning memerlukan URL dan kata kunci agar berfungsi. Setelah Anda memiliki enter tambahan ini, Anda kemudian dapat menambahkannya ke immediate Anda. Untuk ChatWithPDF, immediate Anda dapat berupa sesuatu seperti “Beri saya daftar poin dari wawasan utama laporan ini: [link to your PDF].”

Jika Anda tidak yakin cara menggunakan plugin ChatGPT tertentu, buka whatplugin.ai dan cari plugin pilihan Anda. Whatplugin.ai menjelaskan apa yang dilakukan setiap plugin dan bagaimana cara menggunakannya.


Posted

in

by