Apa yang Terjadi Pada Perusahaan Ban SMART Dari Shark Tank Musim 13?

Merchandise tiket besar perusahaan adalah ban mobil super-elastis yang terbuat dari bahan nikel-titanium khusus yang disebut Nitinol. Dikenal sebagai paduan memori bentuk (SMA), logam meniru elastisitas karet tetapi sekuat titanium. Melalui transisi fase tingkat molekuler, “ban” dapat mengembang dan berkontraksi dengan cepat untuk bertahan dari deformasi ekstrem, lalu kembali ke bentuk aslinya tanpa kehilangan integritas.

Ini akan lebih ringan dari ban konvensional karena tidak memerlukan rangka bagian dalam untuk menopang perakitan. Plus, ban tidak akan pernah membutuhkan udara (yang dibutuhkan semua ban yang dipompa secara pneumatik saat ini), dan inilah lapisan gula di atas kue pepatah – tidak akan pernah kempes.

Itu tidak akan terlihat persis seperti roda rover NASA yang funky. Sebagai gantinya, produk SMART akan dibungkus tapak dan dinding samping yang terbuat dari bahan karet dan polimer khusus yang diklaim akan bertahan “lebih lama” dari karet standar, dan jaring logam tidak akan pernah menyentuh tanah secara langsung. Semua karet dapat diinjak ulang, sehingga dapat diganti jika sudah aus. Dinding samping diperlukan tidak hanya untuk penampilan, tetapi juga untuk mencegah puing-puing jalan mengotori ban.

Meskipun ban mobil ruang angkasa masih belum siap untuk prime time, itu bukan satu-satunya kartu yang dimiliki SMART. Produk komersial pertama perusahaan adalah ban sepeda tanpa udara yang disebut METL, berdasarkan teknologi yang sama. Roda ini akan tersedia untuk dipesan pada akhir tahun 2023, dan harganya antara $100 dan $150.


Posted

in

by