Cara Merawat Baterai MacBook Professional Anda dengan Benar

Salah satu cara paling sederhana untuk memperpanjang masa pakai baterai MacBook Professional Anda adalah membiarkan MacBook itu sendiri mengelola konsumsi dan distribusi daya. Semua versi macOS yang lebih baru — dari Massive Sur (macOS 11) dan yang lebih baru — menampilkan opsi bawaan yang akan membantu menjaga baterai Anda beroperasi secara efisien selama mungkin.

  1. Klik ikon Apple di pojok kiri atas layar dan buka System Preferences (atau System Settings di macOS 13 Ventura dan yang lebih baru).
  2. Gulir ke bawah menu di sisi kiri jendela Pengaturan dan pilih Baterai.
  3. Temukan bagian Battery Well being dan klik ikon Data (i) untuk membuka menu pop-up.
  4. Nyalakan sakelar di sebelah Pengisian Baterai yang Dioptimalkan.

Dengan Pengisian Baterai yang Dioptimalkan dihidupkan, MacBook Anda akan mulai mempelajari kebiasaan penggunaan Anda (yaitu pada jam berapa Anda paling sering menggunakannya). Kemudian secara otomatis akan mempercepat pengisian baterai pada waktu-waktu tertentu dalam sehari, berdasarkan information penggunaan, untuk mengurangi ketegangan dan menjaganya dari “penuaan secara kimiawi” secepat yang seharusnya. Kelemahannya adalah Anda mungkin melihat MacBook Anda menjeda pengisian daya 80 persen dari waktu ke waktu, tetapi ini tidak perlu dikhawatirkan karena hanya pengisian daya yang dioptimalkan yang berfungsi sebagaimana mestinya.


Posted

in

by